Tips Unik dan Kreatif untuk Meningkatkan Kreativitas Anda

1. Berkreasi dalam Keajaiban Alam

Keajaiban AlamSource: bing.com

Ketika berada di alam bebas dan keajaiban alam, pikiran kita menjadi lebih segar dan terbuka. Cobalah untuk memperhatikan keindahan alam sehingga dapat membantu Anda jadi lebih kreatif dan menghasilkan suatu ide baru.

2. Mulaikan dengan Menulis Puisi

Mudah Menulis PuisiSource: bing.com

Banyak dari kita yang belum menulis puisi sejak lama, tetapi ini adalah cara kreatif untuk membangkitkan ide-ide baru dan menjelaskan perasaan Anda dalam kata-kata. Coba menulis sebuah puisi setiap hari, meski masa percobaan sebulan pertama.

3. Bermain Musik yang Berbeda

Bermain Musik Yang BerbedaSource: bing.com

Cobalah untuk memainkan musik yang berbeda dari genre favorit Anda. Dan jangan lupa untuk mencoba untuk memainkan instrument baru. Ini tentu membuka pikiran kita agar dapat menghasilkan suatu ide kreatif.

4. Petualangan ke Perdagangan Barang Antik

Perdagangan Barang AntikSource: bing.com

Anda akan terkejut dengan apa yang akan ditemukan di toko barang antik. Luangkan waktu untuk menjelajahi dan melihat-lihat hal-hal yang mungkin dapat menginspirasi Anda untuk membuat sesuatu yang baru dari barang-barang tua tersebut.

5. Bermain dengan Pewarnaan

Bermain Dengan PewarnaanSource: bing.com

Serahkan diri Anda untuk kegembiraan pewarnaan, meskipun hanya sejam sehari. Gunakan kombinasi warna baru dan terapkan pada barang-barang seperti buku mewarnai dewasa atau bahkan meja kerja Anda.

6. Bermain dengan Zentangle

Bermain Dengan ZentangleSource: bing.com

Zentangle adalah bentuk seni meditatif yang dapat menyegarkan pikiran Anda dan menciptakan tampilan desain bar yang unik. Cobalah untuk memulai dengan membeli buku tentang Zentangle atau ikut workshop kreatif di daerah Anda.

7. Menghasilkan Fanfiction

Menghasilkan FanfictionSource: bing.com

Menulis Fanfiction, atau hanya mengekspresikan cerita kita dengan karakter idaman kita dapat membuka pikiran kita untuk menciptakan plot dan ide baru untuk kreativitas Anda.

8. Memasak Dengan Bahan Yang Berbeda

Memasak Dengan Bahan Yang BerbedaSource: bing.com

Memasak dengan bahan baru, atau bahkan bahan yang tidak biasa, dapat membuka pikiran kita untuk menciptakan banyak hidangan baru dan menginspirasi kita untuk menciptakan rasa yang berbeda.

9. Mengikuti Kursus Kreatif

Mengikuti Kursus KreatifSource: bing.com

Banyak dari kita yang berfikir sebaliknya, bahwa kursus apapun tidak dapat mengajarkan seseorang menjadi lebih kreatif. Tapi kenyataanya ialah, kursus kreatif maupun produksi siswa adalah cara yang terbaik untuk menyiapkan kaum muda dengan keterampilan wajib kreatif.

10. Berbicara Dengan Orang Baru

Berbicara Dengan Orang BaruSource: bing.com

Cobalah untuk membuka diri pada nalar baru dengan melakukan obrolan dengan orang baru ataupun lingkungan berbeda. Berbicaralah dengan orang-orang dari bidang yang berbeda dari yang biasa Anda lakukan, dan lintasi silo pikiran.

11. Berbicara dengan Orang yang Berpengalaman

Berbicara Dengan Orang Yang BerpengalamanSource: bing.com

Coba dan cari pemikir atau motivator yang Anda kagumi dan bertanya kepada mereka cara mereka mungkin menemukan ide-ide baru. Tetapi itu bukan satu-satunya cara, cara lain ialah kamu dapat bergabung dengan tim kerja yang lebih berpengalaman yang mampu membimbingmu menggapai new idea

12. Berbicara dengan Orang yang Berbeda-kasta

Berbicara Dengan Orang Yang Berbeda-KastaSource: bing.com

Cara berbicara dengan orang yang berbeda-kasta, dapat menghasilkan ide baru dan menemukan cara pandang baru. Cobalah berbicara dengan orang-orang dari lingkungan yang terpencil ataupun berbeda dari biasanya. Banyak keajaiban dapat terjadi, terutama bila kamu bisa berbicara dengan diam jangan terlalu cepat mendahului.

13. Membuat Daftar Ide Secara Berkala

Membuat Daftar Ide Secara BerkalaSource: bing.com

Buatlah daftar ide kreatif secara teratur. Setiap kali ide baru yang muncul, tulis ide tersebut pada kertas dalam daftar tersebut. Kemudian setiap belasan hari, setiap bulan, atau setiap tahun, buka daftarnya dan lihat berapa banyak ide yang muncul selama periode tertentu.

14. Menggunakan Alat Bantu Kreativitas

Menggunakan Alat Bantu KreativitasSource: bing.com

Terdapat banyak alat bantu kreativitas yang bisa membantu dalam menghasilkan ide yang berbeda. Beberapa pilihan alat bantu seperti aplikasi kreativitas, alat gambar, dan mesin ide kreatif, yang dapat menginspirasi pikiran kita untuk menemukan cara baru untuk menciptakan suatu ide.

15. Mengambil Langkah Maju

Mengambil Langkah MajuSource: bing.com

Setiap perjalanan dimulai dengan langkah kecil, dan tindakan tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang lebih kreatif. Cobalah melakukan sesuatu yang baru atau melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda dari biasanya dengan sebuah langkah maju.

16. Mencoba Hal-Hal Baru Setiap Hari

Mencoba Hal-Hal Baru Setiap HariSource: bing.com

Menantang Diri sendiri untuk mencoba sesuatu yang baru setiap hari bisa menjadi cara yang bagus untuk merangsang pikiran dan menghasilkan ide kreatif. Cobalah sesuatu yang baru, antara lain hal sel yang biasa di lakukan dengan teman-temanmu atau orang tersayang.

17. Mengenal Budaya Lain

Mengenal Budaya LainSource: bing.com

Jalani kebudayaan baru dengan mengeksplorasi tempat wisata yang belum pernah dikunjungi dan bahkan mencoba melakukan pekerjaan di negara yang berbeda dengan budaya yang berbeda.

18. Menjadi Kreatif Bersama dengan Teman

Menjadi Kreatif Bersama Dengan TemanSource: bing.com

Menciptakan sebuah karya seni bersama dengan teman-teman kita dapat membantu meningkatkan kreativitas kita. Dengan bekerja sama, kita dapat mempersiapkan satu ide dan menghasilkan satu karya besar.

19. Berbicara dengan Diri Sendiri

Berbicara Dengan Diri SendiriSource: bing.com

Ketika tidak dapat memikirkan ide baru, cobalah untuk berbicara dengan diri sendiri. Bicarakan ide-ide yang dapat membantu meningkatkan kreativitas diri sendiri, dan menciptakan ide yang berbeda.

20. Menulis Buah Pikiran di Buku

Menulis Buah Pikiran Di BukuSource: bing.com

Tuliskan semua ide pada buku khusus ide Anda, Tidak semua ide tersebut bagus, tapi beberapa dari ide tersebut mungkin bisa digunakan pada satyusewaktu. Akan selalu mudah untuk mengakses dan memaksimalkan buku ide tersebut.

21. Menghabiskan Waktu dengan Binatang Peliharaan

Menghabiskan Waktu Dengan Binatang PeliharaanSource: bing.com

Menghabiskan waktu bersama binatang peliharaan bisa membantu meningkatkan kreativitas karena Anda bisa menemui hal-hal yang baru, unik, dan mungkin bahkan menginspirasi.

22. Membuat Foto dalam Lingkungan

Membuat Foto Dalam LingkunganSource: bing.com

Cobalah untuk mengambil foto suasana sehari-hari di lingkungan Anda. Mungkin banyak halam yang lai tidak terpikirkan sebelum dicoba, dengan mengambil foto tersebut, Anda dapat membuka pikiran Anda untuk menghasilkan ide kreatif yang berbeda dari yang biasanya.

23. Mendengarkan Musik dengan Lirik Anak-anak

Mendengarkan Musik Dengan Lirik Anak-AnakSource: bing.com

Berdengarkan lagu anak-anak mungkin akan kelihatannya tidak memiliki banyak cara untuk meningkatkan kreativitas. Tetapi dengan lagu tersebut dapat membuka pikiran kita untuk menciptakan hasil karya yang baru dengan tampilan yang fresh.

24. Mengikuti Kelas Kreatif

Mengikuti Kelas KreatifSource: bing.com

Kelas kreatif, seperti plasticine atau mewarnai kucing, dapat membantu untuk merangsang pikiran kita, dan menghasilkan ide kreatif baru. Cobalah untuk mengambil kursus kreatif yang sesuai dengan kemampuan Anda.

25. Bermain dengan Kata-kata

Bermain Dengan Kata-KataSource: bing.com

Senanglah membaca buku yang baru, terutama buku yang belum pernah dibaca. Lihatlah kata-kata yang baru dan cobalah untuk mengalihkan makna. Bermainlah dengan kata-kata bisa membuka pikiran kita untuk menciptakan ide kreatif yang lebih besar.

26. Mengikuti Pameran Kreatif

Mengikuti Pameran KreatifSource: bing.com

Mengikuti pameran kreatif dapat membuka pikiran kita untuk membangkitkan ide-ide kreatif baru. Pameran dapat membuat kita berpikir dari sudut pandang lain yang berbeda dari biasanya.

27. Membuat Seni yang Memiliki Nilai

Membuat Seni Yang Memiliki NilaiSource: bing.com

Anda bisa menciptakan seni yang memegang konsep dan pemikiran yang baik, meskipun tidak benar-benar terlihat spektakuler. Seni dapat membuka pikiran kita untuk memilik nilai dan menciptakan sesuatu yang terlihat lebih baik daripada sebelumnya.

28. Bertukar Pikiran dengan Orang Lain

Bertukar Pikiran Dengan Orang LainSource: bing.com

Bertukar pikiran dengan orang lain dapat membuka pikiran kita untuk menciptakan ide-ide baru secara terus menerus. Komunikasi dapat membantu untuk merangsang pikiran kita dan memperluas kemampuan berpikir kita, tentu juga membentuk relasi baru dengan partner baru.

29. Menonton Film dengan Cara yang Berbeda

Menonton Film Dengan Cara Yang BerbedaSource: bing.com

Coba untuk menonton film dengan cara yang berbeda dari biasanya. Mungkin dengan menonton secara visual atau audio menangkap kesan yang baik untuk menghasilkan ide baru.

30. Menciptakan Hubungan yang Baru

Menciptakan Hubungan Yang BaruSource: bing.com

Menjalin hubungan baru seperti mempertemukan orang-orang yang memiliki keahlian yang berbeda, dapat membantu meningkatkan kreativitas kita dalam suatu perspektif berbeda. Menerima masukan pimpinan baru dan bertindak sebagai mentor serta sehingga kreativitas kita dapat berkembang.

Similar Posts