Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui

1. Alkohol

AlkoholSource: bing.com

Alkohol adalah zat yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui. Zat ini dapat masuk ke dalam ASI dan memengaruhi perkembangan bayi. Alkohol dapat membuat bayi lebih rewel, sulit tidur, dan terkadang menurunkan produksi ASI. Ibu menyusui yang ingin minum alkohol harus menunggu minimal 2 jam setelah minum alkohol sebelum menyusui.

2. Kafein

KafeinSource: bing.com

Kafein adalah stimulan yang dikenal sebagai penyebab insomnia. Ibu menyusui yang minum kafein dapat menyebabkan bayi sulit tidur atau tidur dengan tidak nyenyak. Kafein juga dapat memengaruhi kinerja hati dan ginjal bayi. Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda.

3. Makanan Pedas

Makanan PedasSource: bing.com

Makanan pedas dapat menyebabkan masalah pencernaan pada ibu menyusui dan bayi. Makanan pedas dapat menyebabkan kembung, sakit perut, dan diare. Jika ibu menyusui ingin makan makanan pedas, sebaiknya konsumsi dengan porsi kecil dan hindari makan terlalu banyak.

4. Makanan Laut Tertentu

Makanan Laut TertentuSource: bing.com

Makanan laut tertentu seperti ikan hiu, ikan paus, dan kerang dapat mengandung tinggi merkuri yang dapat merusak sistem saraf dan perkembangan bayi. Ibu menyusui yang ingin mengonsumsi makanan laut, sebaiknya cek terlebih dahulu tingkat merkurinya.

5. Buah dan Sayuran Beracun

Buah Dan Sayuran BeracunSource: bing.com

Beberapa buah dan sayuran beracun seperti kedelai, bit, kubis, dan stroberi dapat memicu alergi pada bayi. Dalam beberapa kasus, bayi dapat mengalami sakit perut atau muntah. Sebaiknya hindari makan buah dan sayuran beracun saat menyusui.

6. Fast Food dan Makanan Olahan

Fast Food Dan Makanan OlahanSource: bing.com

Makanan olahan dan fast food mengandung zat kimia yang tidak sehat seperti pewarna, pengawet, dan pemanis buatan. Konsumsi makanan olahan dan fast food dapat menyebabkan bayi sulit tidur, kembung, dan bahkan alergi. Ibu menyusui sebaiknya menghindari konsumsi makanan olahan dan fast food.

7. Obat-obatan Terlarang

Obat-Obatan TerlarangSource: bing.com

Obat-obatan terlarang seperti narkoba dan ganja dapat memengaruhi kesehatan bayi dan pengembangannya. Obat-obatan terlarang dapat masuk ke dalam ASI dan dapat memengaruhi produksi ASI serta memengaruhi perkembangan bayi. Ibu menyusui sebaiknya menghindari menggunakan obat-obatan terlarang.

8. Susu Sapi yang Tidak Dipasteurisasi

Susu Sapi Yang Tidak DipasteurisasiSource: bing.com

Susu sapi yang tidak dipasteurisasi dapat mengandung bakteri yang berbahaya seperti E. coli, salmonella, dan listeria yang dapat menyebabkan diare, muntah, dan bahkan infeksi. Ibu menyusui sebaiknya menghindari konsumsi susu sapi yang tidak dipasteurisasi.

9. Makanan Tinggi Gula dan Garam

Makanan Tinggi Gula Dan GaramSource: bing.com

Makanan tinggi gula dan garam dapat memengaruhi kesehatan ibu dan bayi. Konsumsi makanan tinggi gula dan garam dapat menyebabkan hipertensi, obesitas, dan bahkan diabetes. Ibu menyusui sebaiknya menghindari konsumsi makanan tinggi gula dan garam.

10. Makanan Penambah ASI

Makanan Penambah AsiSource: bing.com

Makanan penambah ASI seperti bawang putih, biji rami, dan daun singkong sebaiknya dikonsumsi dengan porsi kecil. Mengonsumsi makanan penambah ASI dalam jumlah besar dapat menyebabkan bayi kembung dan diare.

Similar Posts