Tips Hemat Kuota Untuk Belajar Online

Di era pandemi saat ini kegiatan belajar mengajar secara langsung berubah menjadi belajar online di semua tingkat dari SD sampai perguruan tinggi, efek adanya pembelajaran secara online tentu akan menghabiskan kuota internet dan disini akan saya ulas tips hemat kuota untuk belajar online.

Sebelum kami bahas satu persatu, disini kami memberikan disclaimer bahwa tips ini adalah pengalaman pribadi penulis, jadi jika ada hal-hal yang tidak sesuai akan kembali ke pribadi masing-masing.

Berikut adalah tips hemat kuota belajar online;

Memakai kuota internet khusus

Supaya menghemat kuota tentunya harus menghemat pemakaian kuota, saat ini ada banyak provider jaringan yang menawarkan kuota khusus untuk belajar daring misalnya Telkomsel dengan nama paket pendidikan, dan Xl dengan paket Belajar Online.

Paket Internet Pendidikan Telkomsel

Paket ini bisa dibilang sangat terjangkau, hanya dengan Rp.3000 kalian bisa mendapatkan kuota belajar sebesar 2Gb yang bisa mengakses aplikasi terdaftar kuota ilmupedia seperti: Google Classroom, Zenius, Kelas Pintar, Quipper, Udemy Duolingo, Sekolahmu, cakep, bahaso, Cambridge Assessment English, Klippin School 4.0, Pijar Sekolah, Video Meeting Edukasi Biru, dan aplikasi online belajar lainnya beserta ratusan portal e-learning sekolah dan kampus yabg ikut tergabung di ilmupedia

Paket Internet Pendidikan Dari Telkomsel

Paket Internet XL Belajar Online

Saat saya menulis artikel harga paket internet xl k husus ini adalah Rp.10,- Pembagian kuota ini adalah 15GB kuota Xtra Edukasi dan 15GB kuota Xtra Conference. Kedua paket kuota tersebut bisa dipakai full 24 Jam dan bisa digunakan di semua jaringan XL (2G, 3G dan 4G).

Paket Belajar Online XL

Paket Internet By.u

Meskipun di operator byu tidak ada paket khusus untuk belajar daring, tapi paket internetnya sangat variatif mulai dari paket 1 jam sampai 1 bulan. Byu Ini cocok sekali untuk mahasiswa kuliah online.

Dan masih ada operator operator lain menyediakan paket khusus untuk menunjang pembelajaran jarak jauh.

Menghindari hal-hal yang tidak penting

Tips yang kedua adalah menghindari hal-hal yang tidak penting, tidak diupungkiri kebebasan akses internet menjadikan waktu sulit di kontrol, gangguan untuk membuka hal-hal diluar pelajaran bisa jadi sangat kuat misalnya nonton youtube, stalking media sosial (facebook, instagram twritter).

Ini memang realita yang harus dihadapi, kita harus pandai memanage agar waktu yang dilalui tidak terbuang percuma.

Menggunakan timer

Tips yang terakhir dari saya adalah dengan menggunakan timer ketika mengerjakan tugas. setidaknya kita harus komitmen untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

Timer akan membantu progres pengerjaan tugas atau hal lainnya.

Penutup

itu saja tips hemat kuota untuk belajar online yang saya buat, semoga ini bermanfaat bagi para pembaca, jika ada hal tambahan bisa melalui kolom komentar dibawah. Terima kasih.

Similar Posts

Leave a Reply